Sosialisasi KKPE (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi)

DSC09718Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pariaman bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman pada tanggal 10 Maret 2015 melaksanakann sosialisasi Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE). Sosialisasi ditujukan kepada pelaku utama dan pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan di Kabupaten Padang Pariaman (pembudidaya ikan, nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pimpinan Cabang BRI Pariaman, 30 orang mewakili Kelompok Pembudidaya Ikan, 15 orang mewakili kelompok Nelayan , 5 orang mewakili Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan dan 10 orang Penyuluh Perikanan.

Acara sosialisai diawali dengan sambutan Pimpinan Cabang BRI Pariaman (Gaib Prawata), dalam  sambutannya Pimpinan Cabang BRI Pariaman mengemukakan :

  • Pertemuan ini merupakan ajang silaturahmi antara BRI dengan pelaku utama dan pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan sehingga menjadi saling kenal.
  • BRI bertugas menghimpun dana dan menyalurkan lagi dalam bentuk pinjaman kepada debitur yang membutuhkan permodalan diantaranya KKPE serta menu kredit lainnya.
  • BRI juga melakukan pembinaan usaha terhadap pelaku utama dan pelaku usaha bidang perikanan diantaranya melalui pemberian kredit permodalan dengan syarat pelaku utama/pelaku usaha memenuhi ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan.

Selanjutnya acara dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman (Usman, S.Pt.MM) pada pukul 09.30. Pada pengarahannya Kadis Kelautan dan Perikanan mengemukakan sebagai berikut :

  • Apresiasi kepada BRI telah melakukan terobosan utnuk menciptakan kemitraan antara pelaku utama/pelaku usaha bidang perikanan dengan lembaga keuangan.
  • Persoalan mendasar pada pelaku utama dan pelaku usaha adalah masalah permodalan yang kurang sehingga usahanya tidak berkembang, sementara pemerintah hanya menyediakan dana untuk pelayanan publik dan tidak bisa menyediakan dana untuk permodalan usaha bagi pelaku utama dan pelaku usaha.
  • BRI menyediakan KKPE untuk dapat diakses oleh pelaku utama dan pelaku usaha untuk permodalan.
  • Beberapa program Dinas Keluatan dan Perikanan tahun 2015 : optimalisasi kolam terlantar melalui pemberian bantuan benih ikan untuk mengisi kolam terlantar agar menjadi produktif dan menambah pendapatan keluarga; pengembangan wirausaha perikanan untuk menunjang usaha pembudidaya ikan.
  • Kebijakan Kementarian Kelautan dan Perikanan : larangan pemakaian pukat tarik dan trawl; larangan menangkap ikan pada area 0 – 4 mil; larangan menangkap ikan-ikan yang bertelur karena akan memusnahkan populasi ikan; Larangan menangkap kepiting bertelur; larangan menangkap kepiting size kecil, yang boleh ditangkap kepiting size 1-6 ekor/kg
  • Sungai adalah sumber kehidupan, sehingga jangan membuang sampah ke sungai karena sungai penting untuk pengairan pertanian, di sungai juga hidup ikan sebagai sumber pangan. Berkaitan dengan kelangsungan hidup sungai maka jangan menebang hutan sembarangan karena berefek banjir dan meluapnya air sungai sehingga merusak populasi ikan yang ada di sungai.
  • Salah satu program pemerintah pusat adalah sarapan pagi agar daya pikir dan kinerja tinggi; Makan ikan sebanyak banyaknya agar menjadi sehat, kuat dan cerdas dengan makan ikan.

Setelah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan maka dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Hendra Lesmana dari BRI Cabang Pariaman tentang sosialisasi KKPE meliputi : debitur yang bisa mengakses KKPE, flapon kredit KKPE, jenis usaha yang bisa didanai KKPE, jangka waktu pengembalian, suku bunga dan tata cara pengajuan permohonan kredit. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai materi yang disampaikan, sebanyak 7 penanya semuanya ditanggapi langsung oleh narasumber dari BRI. Acara berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Updated: July 24, 2019 — 4:19 pm

Download File

DokumenLakipLaporan KeuanganPustakaStatistikDatabase

dokumen

lakip

    lapkeu

      pustaka

        Statistik

          Database

            Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman © 2014
            Frontier Theme