Penyerahan Bantuan Sarana Penangkapan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Tahun 2015

(Rabu, 16/09/15) Salah satu masalah yang dihadapi para pelaku utama dan pelaku usaha dalam menjalankan usaha perikanan adalah keterbatasan kepemilikan modal baik untuk pengadaan sarana produksi maupun untuk pengadaan bahan baku. Untuk mengatasinya ada 2 langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan yaitu :

  1. Memfasilitasi pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan untuk mendapatkan bantuan modal melalui kredit permodalan berbunga rendah yaitu melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan KKPE (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) dari BRI dan Bank Nagari.
  2. Menyediakan bantuan sarana produksi penangkapan, budidaya perikanan, pengolahan, dan pemasaran hasil perikanan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan diberikan sebagai bantuan bagi pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan dengan tujuan agar melalui bantuan sarana produksi ini para pelaku utama dan pelaku usaha dapat meningkatkan produksi, seterusnya dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Terkait dengan bantuan sarana produksi perikanan maka pada tahun anggaran 2015 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2015 pada Dinas Kelautan dan Perikanan telah menyediakan beberapa sarana produksi yaitu :

  1. Penyediaan sarana pengolahan hasil perikanan
  2. Penyediaan sarana pemasaran hasil perikanan
  3. Penyediaan sarana produksi garam rakyat
  4. Penyediaan sarana produksi penangkapan (jaring, bubu, dan mesin tempel)

Semua sarana produksi perikanan tersebut diserahkan sebagai bantuan dari Pemerintah Daerah kepada pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan yang telah mengajukan permohonan (proposal) dan telah ditetapkan sebagai penerima bantuan melalui Keputusan Kepala Dinas Kelautan  dan Perikanan yaitu sebagai berikut :

  1. Penerima bantuan sarana pengolahan hasil perikanan : 4 Poklahsar dan 9 Unit pengolahan perorangan.
  2. Penerima bantuan sarana pemasaran hasil perikanan : 36 pedagang ikan
  3. Penerima bantuan sarana produksi garam rakyat : 1 kelompok KUGAR
  4. Penerima bantuan sarana produksi penangkapan : bubu 30 nelayan, jaring 21 nelayan, mesin tempel 25 nelayan.

Pemberian bantuan sarana produksi tersebut adalah merupakan salah satu bentuk pembinaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan kepada pelaku utama dan pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan sehingga mereka dapat meningkatkan usahanya dna ,meningkatkan perekonomian keluarganya.

Terkait dengan bantuan tersebut maka pada hari Rabu tanggal Sembilan bulan September tahun dua ribu lima belas bertempat di PPI Pasir Baru Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau telah dilaksanakan penyerahan bantuan sarana penangkapan, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan tersebut kepada pelaku utama dan pelaku usaha nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Padang Pariaman yang diwakili oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman. Acara dimulai pada pukul 14.00 dihadiri oleh Camat Sungai Limau, Camat V Koto Kampung Dalam, Wali Korong Pasir Baru, tokoh masyarakat Pasir Baru dan para pelaku utama serta pelaku usaha penerima bantuan.

Pada sambutannya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan mewakili Bupati Padang Pariaman memberikan pengarahan sebagai berikut :

  • Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Kelautan dan Perikanan telah mengalokasikan bantuan sarana perikanan budidaya berupa bantuan kolam terpal, bantuan benih ikan gurami, bantuan benih ikan mas untuk pengembangan minapadi, restocking benih ikan di perairan umum dengan komoditi ikan Nila, Garing, Gurami dan Mas. Bantuan tersebut diberikan untuk mengoptimalkan potensi perikanan yang ada sehingga dapat meningkatkan produksi dan meningkatkan pendapatan pelaku utama perikanan.
  • Untuk masyarakat pesisir baik nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan maka Dinas Kelautan dan Perikanan juga berupaya mengalokasikan bantuan sarana penangkapan, pegolahan dan pemasaran hasil perikanan agar dapat meningkatkan kemampuannya sehingga dapat meningkatkan pendapatannya. Bantuan tersebut yang pada hari ini akan diserahkan secara simbolis.
  • Diharapkan bantuan sarana yang telah dan akan diterima dapat dimanfaatkan secara optimal untuk melaksanakan usahanya sehingga usaha yang dijalankan pelaku utama dan pelaku usaha mengalami peningkatan agar memberikan efek positif terhadap peningkatan pendapatan keluarganya.

Kesokan harinya yaitu Kamis tanggal 10 September 2015 maka sarana penangkapan, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan yang telah diserahkan secara simbolis pada tanggal 9 September 2015 oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan langsung diserahterimakan kepada pelaku utama dan pelaku usaha penerima bantuan yang telah ditetapkan dengan Keputusan Kepala Dinas. Serah terima tersebut berlangsung di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Korong Singguling Nagari Lubuk Alung Kecaatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Updated: July 24, 2019 — 4:18 pm

Download File

DokumenLakipLaporan KeuanganPustakaStatistikDatabase

dokumen

lakip

    lapkeu

      pustaka

        Statistik

          Database

            Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman © 2014
            Frontier Theme