Sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) ke PAUD-PAUD

DSC00740 DSC00750 DSC00791 DSC00803 DSC00830 DSC00842Gemarikan merupakan kepanjangan dari gerakan memasyarakatkan makan ikan. Gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Perlunya  mengkampanyekan gemarikan ini mulai dari anak TK,  dan  Sekolah Dasar. Melalui gerakan ini diharapakan adanya kesadaran, pelatihan dan pembiasaan.

Tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah yakni hanya 35 kilogram per kapita. Kondisi ini, menyebabkan rendahnya IQ masyarakat Indonesia dibanding negara Asia Tenggara lainnya. IQ rata-rata warga Indonesia masih dibawah rata-rata negara Asean. IQ rata-rata Indonesia, hanya sama dengan Laos dan Kamboja. Rendahnya konsumsi ikan akan berpengaruh ke IQ dan  tinggi badan. Hal ini dilihat  tinggi badan masyarakat Indonesia yang rendah sehingga dilakukan Sosialisasi Gemarikan.

Dinas Perikanan Kabupaten  melakukan berbagai kegiatan untuk memperkuat. Usaha ini memang sudah mulai lama dilakukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan telah dibentuknya Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) yang langsung di Ketuai Oleh Ibu Bupati Kabupaten Padang Pariaman. Semua ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di sekitar Kabupaten Padang Pariaman.

Sosialisasi merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Bina Usaha Pemberdayaan dan Kelembagaan Dinas Perikanan yang dilakukan di PAUD/TK yang dikomendasikan oleh Dinas Pendidikan terdiri dari PAUD Al Hikmah pada tanggal 18 September 2017 Kec. Nan Sabaris,Tunas Harapan pada tanggal 19 september 2017 di Kec. Patamuan,Manunggal pada tanggal 25 September 2017 di Kec padang Sago, Awan Bajuntai pada tanggal 26 September 2017 di Kec. V Koto Kp Dalam dan Pembina tanggal 27 September 2017 di Kec. Batang Anai.

Sosialiasi ini dihadiri oleh Ketua Yayasan PAUD, Orang Tua Murid, Murid Paud dan Kepala Sekolah serta Majelis Guru Paud dan Dibuka oleh Kepala Bidang Bina Usaha Pemberdayaan dan Kelembagaan (Ibu Ir. Eva Fatimah.MM) dengan Penyampiannya tentang nilai gizi dan manfaat ikan bagi manusia karena ikan mengandung aspek gizi yaitu protein tinggi untuk otak anak ,ikan bermanfaat  menekan resiko kolesterol dan mencegah serangan jantung.Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kepada ibu-ibu agar dapat mengolah ikan menjadi bahan makan berupa bakso ikan, nugget ikan dan kaki naga yang didemokan oleh staf bidang BUPK(ibu Yuli Fitria,S.Pi) serta dilakukan lomba mewarnai ikan dengan peserta anak murid PAUD serta penyampian materi pengenalan tentang jenis ikan yang dipandu oleh Kasi Penguatan Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat Perikanan (ibu Ir.Mimi Elfinda) dan beserta penyerahan hadiah bagi pemenang lomba mewarnai ikan oleh kepala PAUD.

kegiatan ini kemudian dilanjutkan makan bersama hasil dari olahan hasil perikanan yang telah didemokan.

Updated: July 24, 2019 — 4:17 pm

Download File

DokumenLakipLaporan KeuanganPustakaStatistikDatabase

dokumen

lakip

    lapkeu

      pustaka

        Statistik

          Database

            Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman © 2014
            Frontier Theme