Profil P2HP

Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan merupakan salah satu Bidang pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah nomor 10 tahun 2011 tentang Pembentukan Organisasi  dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Berdasarkan Peraturan Daerah nomor 10 tahun 2011 tentang Pembentukan Organisasi  dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Padang Pariaman bahwa Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan membawahi 2 Seksi yaitu :

  1. Seksi Mutu dan Pengolahan Hasil Perikanan
  2. Seksi Investasi dan Pemasaran Kelautan dan Perikanan

Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi, Kewenangan dan Uraian Tugas Pejabat Eselon III dan IV pada Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan sesuai dengan Peraturan Bupati Padang Pariaman Nomor 19 Tahun 2012 tentang Rincian Uraian Tugas Jabatan Struktural Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman adalah sebagai berikut :

Uraian tugas Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kelautan dan Perikanan :

  1. Menyusun rencana kegiatan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi bidang pemasaran dan pengolahan hasil perikanan serta sumber daya yang ada berpedoman kepada rencana strategis dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang permasalahannya.
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan untuk dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.
  4. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan bidang pemasaran dan pengolahan hasil perikanan agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan ketentuan.
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan bidang dengan unit kerja terkait.
  6. Menilai dan menyempurnakan konsep surat.
  7. Menandatangani dan/atau memaraf surat dan dokumen lainnya sesuai kewenangan berdasarkan ketentuan.
  8. Meneliti dan memaraf naskah dinas yang berkaitan dengan  bidang pemasaran dan pengolahan hasil perikanan dengan mempedomani data dan peraturan agar diperoleh konsep naskah yang benar.
  9.  Mengawasi terhadap pelaksanaan program kerja dan kegiatan bidang pemasaran dan pengolahan hasil perikanan.
  10. Membina, fasilitasi, koordinasi dan mengevaluasi serta mengarahkan pelaksanaan program dan kegiatan Seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan.
  11. Membina, fasilitasi, koordinasi dan mengevaluasi serta mengarahkan pelaksanaan program dan kegiatan Seksi investasi dan pemasaran kelautan dan perikanan.
  12. Memantau serta mengevaluasi realisasi pelaksanaan kegiatan bidang untuk mengetahui perkembangan, hambatan dan permasalahan yang timbul serta upaya tindak lanjut penyelesaiannya.
  13. Mengevaluasi dan melilai kinerja bawahan sebagai pembinaan staf.
  14. Membuat laporan pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan.
  15. Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

 

1) Uraian Tugas Seksi Teknologi Mutu dan Pengolahan Hasil Perikanan

  1. Mengonsep rencana kegiatan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan serta sumber daya yang ada berpedoman kepada rencana strategis dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan.
  3. Menyiapkan bahan fasilitasi pelaksanaan tugas dan kegiatan.
  4. Mengonsep surat untuk ditandatangani atasan.
  5. Mengonsep naskah dinas seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan sesuai arahan dan disposisi atasan.
  6. Memberi tugas atau kegiatan kepada staf dalam melaksanakan kegiatan seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang permasalahannya.
  7. Memberi petunjuk kepada staf di lingkungan seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan agar melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan.
  8. Meneliti dan mengoreksi pekerjaan staf seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan.
  9. Melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan dengan dinas terkait.
  10. Melakukan pemberian bimbingan teknis tentang pelaksanaan mutu dan pengolahan hasil perikanan.
  11. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi antar kabupaten dalam hal pelaksanaan seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan .
  12. Menyiapkan bahan pelaksanaan dan koordinasi tentang pelaksanaan seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan.
  13. Menyiapkan pelaksanaan  pengendalian mutu perikanan, alat transportasi dan unit penyimpanan hasil perikanan sesuai prinsip manajemen mutu terpadu (PMMT) atau hazard analysis critical control point (HACCP).
  14. Melakukan pengelolaan dan penyelenggaraan pelelangan di tempat pelelangan ikan (TPI)
  15. Menyiapkan bahan pembangunan, perawatan dan pengolahan pasar ikan
  16. Menyiapkan bahan pelaksanaan dan koordinasi kebijakan pemanfaatan dan penempatan rumpon di perairan laut kewenangan kabupaten
  17. Mengevaluasi dan menilai kinerja bawahan sebagai pembinaan staf.
  18. Menyimpan berkas kerja, data dan bahan menurut ketentuan.
  19. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban tugas pada atasan.
  20. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai bidang tugas.

 

2). Uraian Tugas Seksi Investasi dan Pemasaran Kelautan dan Perikanan

  1. Mengonsep rencana kegiatan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan serta sumber daya yang ada berpedoman kepada rencana strategis dinas sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
    1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan.
    2. Menyiapkan bahan fasilitasi pelaksanaan tugas dan kegiatan.
    3. Mengonsep surat untuk ditandatangani atasan.
    4. Mengonsep naskah dinas seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan sesuai arahan dan disposisi atasan.
    5. Memberi tugas atau kegiatan kepada staf dalam melaksanakan kegiatan seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan dengan memberikan arahan sesuai dengan bidang permasalahannya.
    6. Memberi petunjuk kepada staf di lingkungan seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan agar melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan.
    7. Meneliti dan mengoreksi pekerjaan staf seksi mutu dan pengolahan hasil perikanan.
    8. Melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan dengan dinas terkait.
    9. Melakukan pemberian bimbingan teknis tentang pelaksanaan seksi investasi dan pemasaran kelautan dan perikanan.
    10. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi antar kabupaten dalam hal pelaksanaan seksi investasi dan pemasaran kelautan dan perikanan.
    11. Menyiapkan bahan pelaksanaan dan koordinasi tentang pelaksanaan seksi investasi dan pemasaran kelautan dan perikanan.
    12. Menyiapkan bahan dan pelaksanaan dan koordinasi kebijakan tentang pelaksanaan seksi investasi dan pemasaran kelautan dan perikanan
    13. Mengevaluasi dan menilai kinerja bawahan sebagai pembinaan staf.
    14. Menyimpan berkas kerja, data dan bahan menurut ketentuan.
    15. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban tugas pada atasan.
    16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai bidang tugas.

Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan sebagai bagian dari  Struktur Organisasi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabapaten Padang Pariaman mempunyai keinginan untuk mendukung upaya pencapaian visi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan upaya-upaya yang akan dituangkan dalam Rencana Stratejik. Oleh karena itu, Dinas Kelautan dan Perikanan  Kabupaten Padang Pariaman memiliki visi yaitu : “MENJADIKAN SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBAGAI PENGGERAK UTAMA PEREKONOMIAN PADANG PARIAMAN. Untuk mencapai visi tersebut dijabarkan menjadi 4 misi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman selama 5 (lima) tahun yaitu :

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan
  2. Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan
  3. Mewujudkan sumberdaya kelautan dan perikanan yang memberikan efek ganda terhadap kegiatan ekonomi lainnya

4. Meningkatkan SDM kelautan dan perikanan dan sarana prasarana pendukung

Sebagai pengejawantahan dari visi misi dimaksud maka pembangunan kelautan dan perikanan di Kabupaten Padang Pariaman bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat kelautan dan perikanan, meningkatkan dan memelihara kualitas lingkungan sumberdaya kelautan dan perikanan, menciptakan diversifikasi usaha di bidang kelautan dan perikanan serta mewujudkan SDM Kelautan dan Perikanan yang berkualitas dan sarana prasarana yang memadai.

Salah satu arah Kebijakan Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2011 – 2015 adalah Peningkatan produktifitas perikanan tangkap dan kesejahteraan nelayan, Peningkatan produksi, produktifitas dan mutu hasil perikanan budidaya serta Pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat melalui peningkatan modal dan etos kerja masyarakat pesisir yang lebih berorientasi kepada budaya pembangunan yang berkelanjutan.

Arah kebijakan pembangunan Dinas Kelautan dan Perikanan tersebut dimaksudkan dalam rangka mendukung program pemerintah pusat daam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menjadikan Indonesia sebagai penghasil produk perikanan terbesar di dunia pada tahun 2015, sehingga produksi perikanan Indonesia pada tahun 2014 ditargetkan menjadi 353%.

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, maka Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan memiliki sasaran pembinaan yaitu pelaku utama dan pelaku usaha yang bergerak di bidang usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan terdiri dari :

  1. Pengolah Hasil Perikanan
  2. Pemasar hasil Perikanan

Adapun dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan sebanyak 6 orang terdiri dari :

  • 1 orang Kepala Bidang (Golongan IV)
  • 2 orang Kepala Seksi (Golongan III)
  • 3 orang staf (1 orang golongan III, 1 orang golongan II, 1 orang honorer)

Dalam menjalankan usahanya baik Pengolah maupun pemasar hasil perikanan ada yang perorangan namun ada juga yang berkelompok. Secara kelembagaan terdapat 22 Kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar)  hasil perikanan Berikut ini data Poklahsar Kabupaten Padang Pariaman :

No

Nama Kelompok

ALAMAT

Tahun berdiri

Jenis produk yg dihasilkan

Kapasitas Produksi

Korong

Nagari

Kecamatan

1

Mina Mandiri Gasan Gadang Batang Gasan

2006

Rakik maco 50 bks/bulan
Ikan kering 50 kg/bulan
Keripik Malaysia 40 bks/bulan
Kerupuk Ikan 50 kg/bulan

2

Bacelona Lohong Kuranji Hilir Sungai Limau

2005

Ladu Udang 170 kg/bulan
Kue Bawang Rasa Ikan 30 kg/bulan

3

Saiyo Ulakan Tapakis

2005

Sala Lauak
Rakik Macho
Rakik Udang

4

Wanita Nelayan Sinar Laut Pasir Baru Pilubang Sungai Limau

2005

Ikan kering
Teri
Budu

5

Lumira Kp. Panyalai Lubuk Pandan 2X11 Enam Lingkung

2009

Lele Asap 250 kg/bulan
Kreker Ikan 15 kg/bulan
Cookies ikan 15 kg/bulan
Bakso Ikan 30 kg/bulan
Fish Nugget 30 kg/bulan
Kaki naga 30 kg/bulan
Dendeng tulang ikan 5 kg/bulan

6

Ikan Bakar Mandiri Sungai Asam Sungai Asam 2X11 Enam Lingkung

2010

Ikan bakar 400 Kg/bulan

7

Gurita Simpang Ketaping Batang Anai

2008

Ikan kering
Sala Lauak

8

Aulia Pasar Paingan Kuranji Hilir Sei Limau

2008

Bakso Ikan 20 Kg/bulan
Kerupuk udang 20 Kg/bulan

9

Komiguri Pakandangan Pakandangan Enam Lingkung

2010

Rendang Ikan

10

Mutiara Pesisir Pasir Sungai Limau Kuranji Hilir Sungai Limau

2011

Ikan Kering 750 Kg/bulan
Garam 2.500 kg/bulan

11

Muaro Gasan Batang Gasan

2011

12

Medan Bapaneh Sinar Laut Pasir Baru Pilubang Sungai Limau

2012

Ikan kering 1 ton/bulan

13

Pelita Pantai Sungai Sarik Malai V Suku Batang Gasan

2011

Ikan kering Burandang 65 kg/bulan
Ikan kering kalase 15 kg/bulan
Ikan kering Tenggiri 30 kg/bulan
Ikan kering parang-parang 55 kg/bulan
Ikan kering rucah 150 kg/bulan

14

Wanita Nelayan Puteri Bahari Simpang Kataping Batang Anai

2013

Ikan kering 70 Kg/bulan

15

Kelompok Pengolah dan Pemasaran Ikan Rakik Manggopoh Dalam Ulakan Ulakan Tapakis

2012

Rakik 570 kg/bulan
Goreng beledang 75 kg/bulan
Udang tusuk 275 kg/bulan
Kepiting goreng 275 kg/bulan

16

Wanita Saiyo Sakato Simpang Kamumuan Koto Tinggi Kuranji Hilir Sungai Limau

2012

Salak lauk 300 kg/bulan
Rakik udang kepiting 150 kg/bulan

17

Maju Bersama Pasar Pauh Kambar Pauh Kamba Nan Sabaris

2013

Tepung Sala lauk 2.000 Kg/bulan
Sala Lauk 150 kg/bulan

18

Sepakat Bersama Pasar Baru Sunur Nan Sabaris

2013

Bakso Ikan
Kerupuk Ikan

19

Titian amanah Pasar Kayu Tanam 2 X 11 Kayu Tanam

2013

Steak Ikan
Bakso Ikan
Sosis Ikan

20

Maju Jaya Ulakan Ulakan Ulakan Tapakis

2012

Pemasaran Ikan
Ikan Kakap 550 kg/bulan
Ikan Tongkol 800 Kg/bulan
Ikan Rucah 3,5 ton/bulan
Ikan Karang 250 Kg/bulan
Ikan Kembung 500 Kg/bulan
Ikan Teri 700 Kg/bulan

21

Wanita Sepakat Sungai Paku Kuranji Hilir Sungai Limau

2013

Kerupuk udang sagu rasa udang 20 Kg/bulan

22

Kelompok Pedagang ikan sinar laut jaya Pasir Baru Pilubang Sungai Limau

2013

Pemasaran ikan laut segar 5 ton/bln

23

Kelompok Ikan Jaya Bersama Pasir Baru Pilubang Sungai Limau

2013

Pemasaran ikan laut segar 2,5 ton/bln

Adapun produk olahan hasil perikanan yang dihasilkan Pelaku Utama Pengolah Hasil Perikanan di Kabupaten Padang Pariaman sebagai berikut :

nugget ikan                                         sosis ikan                                   bakso ikan
New Picture (1)New Picture (2) bakso ikanNew Picture (3) New Picture (4) New Picture (5)

         kaki naga                          rakik udang, kepiting, maco           ikan asin

New Picture (6) New Picture (7) New Picture (8)

  krispi ikan lele                           dendeng tulang ikan                tepung sala lauk

Program dan Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Tahun Anggaran 2014 adalah : Program Optimalisasi Pengolahan dan Pemasaran Produksi Perikanan,  dengan kegiatan sebagai berikut :

  • Kegiatan pengawasan dan pengujian mutu hasil perikanan
  • Kegiatan Operasional Pasar Benih Ikan Kiambang
  • Kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)
  • Kegiatan Promosi Hasil Perikanan
  • Kegiatan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan

Kegiatan pengawasan dan pengujian mutu produksi perikanan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengawasi mutu produksi perikanan pada berbagai jenis olahan, apakah mutunya sudah baik atau masih perlu peningkatan. Untuk mengetahui mutu produksi perikanan dimaksud maka setiap tahun dilaksanakan uji formalin dan organoleptik di Balai Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan Bungus terhadap hasil olahan perikanan  baik diambil dari pasar dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman maupun dari pelaku utama pengolah hasil perikanan. Uji tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah produksi perikanan yang dihasilkan oleh Pengolah Hasil Perikanan Kabupaten Padang Pariaman mengandung formalin atau tidak. Hal ini sangat penting dilakukan karena banyak nelayan atau pelaku usaha hasil perikanan yang bertindak nakal dengan menggunakan formalin untuk mengawetkan hasil tangkapan ikan sebelum diolah, padahal formalin sangat berbahaya untuk kesehatan karena dapat menyebabkan kerusakan syaraf terutama syaraf otak sehingga dapat mengurangi kecerdasan, dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker (bersifat karsinogenik).

Kegiatan operasional dan pengembangan UPTD Wilayah merupakan kegiatan yang digunakan untuk operasional UPTD Wilayah III yang membawahi pasar benih ikan Kiambang Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, diantaranya untuk kebutuhan ATK, peralatan kebersihan dan bahan pembersih, BBM, fotocopy, makan minum rapat dan tamu, perjalanan dinas, dan pengadaan sarana pengolahan.

Kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) merupakan kegiatan untuk mensosialisasikan gerakan memasyarakatkan makan ikan yang merupakan program nasional dengan bentuk acara berupa kegiatan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan kepada murid PAUD, murid Sekolah Dasar, lomba masak serba ikan tingkat kabupaten, dan lomba masak ikan tingkat propinsi. Kegiatan ini  bertujuan untuk meningkatkan kosumsi ikan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan dalam RPJM.

Kegiatan promosi hasil perikanan merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mempromosiklan hasil produk olahan perikanan yang diproduksi oleh pelaku utama pengolah di Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan promosi ini dengan cara mengikutsertakan poduksi hasil olahan perikanan pada pameran-pameran yang dilaksanakan baik pada tingkat kabupaten, tingkat propinsi maupun tingkat nasional. Tujuan dari promosi ini adalah untuk mengenalkan produk olahan hasil perikanan yang diproduksi pelaku utama pengolah hasil perikanan kepada masyarakat umum (konsumen), serta sebagai media untuk memasarkan produk olahan tersebut kepada konsumen. Diharapkan melalui keikutsertaan dalam promosi ini maka produk olahan yang dihasilkan pelaku utama pengolah hasil perikanan dapat dikenal oleh konsumen dan sekaligus dapat dipasarkan baik di pasar lokal maupun pasar antar daerah.

Pengembangan usaha mina pedesaan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan adaah merupakan kegiatan pendampingan yang bertujuan untuk monitoring dan pembinaan kepada Poklahsar penerima Bantuan Langsung Masyarakat  Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (BLM PUMP P2HP). Dengan demikian kegiatan ini merupakan dukungan APBD  terhadap kegiatan penyaluran dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PUMP P2HP dari Ditjen P2HP yang diperuntukkan bagi kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan sebagai modal usaha untuk pengadaan sarana produksi pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. BLM PUMP P2HP tahun 2012 bersumber dari dana dekonsentrasi  dialokasikan untuk 6 Poklahsar dimana masing-masing kelompok yang beranggotakan 10 orang mendapatkan alokasi BLM PUMP P2HP sebanyak Rp. 50.000.000.  Ke- 6 kelompok penerima BLM PUMP P2HP yaitu :

  • Usaha Wanita Baselona Korong Lohong Nagari Kuranji Hilir Kec. Sungai Limau
  • Kelompok Medan Bapaneh Sinar Laut Korong Pasir Baru Nagari Pilubang Kec. Sungai Limau
  • Kelompok Mutiara Pesisir Korong Lohong Nagari Kuranji Hilir Kec. Sungai Limau
  • Kelompok Wanita Muaro Gasan Korong Mandahiling Nagari Gasan Gadang Kec. Batang Gasan
  • Kelompok Wanita Nelayan Mina Mandiri Korong Tanjung Nagari Gasan Gadang Kec. Batang Gasan
  • Kelompok Usaha Ikan Bakar Mandiri Korong Sungai Asam Nagari Sungai Asam Kec. 2X11 Enam Lingkung

Sedangkan BLM PUMP P2HP tahun 2013 yang juga bersumber dari dana dekonsentrasi  dialokasikan untuk 5 Poklahsar dimana masing-masing kelompok mendapatkan alokasi BLM PUMP P2HP sebanyak Rp. 50.000.000.  Ke-5 kelompok penerima BLM PUMP P2HP yaitu :

  • Kelompok Pelita Pantai Korong Sungai Sarik Nagari Malai V Suku Kec. Batang Gasan
  • Kelompok Wanita Saiyo Korong Simpang Kamumuan Nagari Kototinggi  Kuranji Hilir  Kec. Sungai Limau
  • Kelompok Rakik Korong Manggopoh Dalam Nagari Ulakan Kec. Ulakan Tapakis
  • Kelompok Maju Jaya Korong Ganting Tangah Padang Nagari Ulakan Kec. Ulakan Tapakis
  • Kelompok Wanita Nelayan Puteri Bahari Korong Simpang Nagari Kataping Kec. Batang Anai

Dokumentasi Kegiatan Bidang P2HP

New Picture (9) New Picture (10) New Picture (11) New Picture (12)

 

Download File

DokumenLakipLaporan KeuanganPustakaStatistikDatabase

dokumen

lakip

    lapkeu

      pustaka

        Statistik

          Database

            Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman © 2014
            Frontier Theme