Visi Misi

Visi dan Misi

1.1.      Visi

Visi merupakan suatu gambaran tentang keadaan ideal sebuah organisasi dimasa mendatang yang harus diwujudkan dalam suatu organisasi. Visi merupakan cara pandang jauh kedepan kemana dan bagaimana Dinas Kelautan dan Perikanan harus dibawa dan bekerja agar tetap konsisten dan dapat Eksis, Antisipatif dan Inovatif serta produktif. Dengan demikian, Visi adalah gambaran keadaan masa depan yang diingini Dinas Kelautan Dan Perikanan dalam jangka panjang.

Mengacu kepada konsepsi Visi tersebut diatas, dan mengacu kepada Visi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, maka Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman mempunyai keinginan untuk mendukung upaya pencapaian Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman, dengan upaya-upaya yang akan dituangkan dalam Rencana Starategik. Oleh karena itu Visi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman seperti yang tertuang pada Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2011-2015 adalah : “ Menjadikan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan sebagai penggerak utama perekonomian Padang Pariaman “

 

Penjelasan Makna Visi

Berdasarkan uraian tersebut diatas, dapat dilihat bahwa keberadaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman sangat penting, maka dari Visi tersebut terkandung makna sebagai berikut :

1. Menjadikan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Sebagai Penggerak Utama Perekonomian Padang Pariaman.

                Dalam konteks tugas pokok dan fungsi Dinas Kelautan dan Perikanan diterangkan bahwa Dinas Kelautan dan Perikanan mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan otonomi daerah  di dalam pengelolaan bidang Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Padang Pariaman. Pengelolaan Bidang  Kelautan dan Perikanan tidak terlepas dari Potensi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Padang Pariaman yang mencakup sumber daya manusia (aparatur, nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar serta masyarakat pesisir lainnya); sumberdaya alam (ikan dalam arti luas, wilayah pesisir dan laut) dan jasa lingkungan.

2. Penggerak Utama Perekonomian Padang Pariaman

Penggerak Utama Perekonomian Padang Pariaman mengandung makna bahwa sumberdaya kelautan dan perikanan diharapkan menjadi inisiator dan sumber pertumbuhan ekonomi serta memberikan multiplayer efek untuk perekonomian Padang Pariaman 5 (lima) tahun ke depan berorientasi pada pelayanan prima.

 

 

1.2.      Misi

Untuk kelancaran pelaksanaan tugas Dinas Kelautan Dan Perikanan perlu adanya misi-misi yang jelas sebagai pedoman dalam pencapaian tujuan yang hendak dicapai. Jadi misi tersebut harus diketahui oleh semua stakeholders bidang Kelautan Dan Perikanan, dan mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh pada masa yang akan datang.

Adapun Misi yang telah dirumuskan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman seperti tertuang pada Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2011 – 2015 adalah :

  1. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelautan dan Perikanan
  2. Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan
  3. Mewujudkan sumberdaya kelautan dan perikanan yang memberikan efek ganda terhadap kegiatan ekonomi lainnya
  4. Meningkatkan SDM kelautan dan perikanan dan sarana prasarana pendukung

 

1.3.      Tujuan Dan Sasaran

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi dan tujuan sebagai hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan visi dan misi sehingga rumusannya harus dapat menunjukkan suatu kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang. Untuk itu tujuan disusun guna memperjelas pencapaian sasaran yang ingin diraih dari masing-masing misi. Dalam rangka mencapai Visi dan Misi yang telah ditetapkan oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman, maka unit organisasi harus merumuskan Visi dan Misi tersebut kedalam suatu bentuk yang lebih operasional dan terarah berupa pembuatan tujuan dan sasaran organisasi.

Penetapan Tujuan dan Sasaran Dinas Kelautan Dan Perikanan Kab. Padang Pariaman pada umumnya didasarkan pada faktor–faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah Penetapan Visi dan Misi. Hal ini dimaksudkan  agar Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman mampu mencapai Tujuan dan Sasaranya, karena dengan mengetahui kunci keberhasilan berarti Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dapat mengetahui apa kelebihan dan kekurangan untuk melaksanakan suatu tujuan dan sasaran tersebut.

a. Tujuan Stratejik

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari penjabaran misi. Tujuan disini adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan, disesuaikan dan konsisten dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman.

Berdasarkan visi, misi dan faktor-faktor kunci keberhasilan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman menetapkan tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Kelautan dan Perikanan
  2. Meningkatkan dan memelihara kualitas lingkungan sumberdaya kelautan dan perikanan
  3. Menciptakan diversifikasi usaha di bidang kelautan dan perikanan
  4. Terwujudnya SDM Kelautan dan Perikanan yang berkualitas dan sarana prasarana yang memadai

b. Sasaran Stratejik

Sasaran merupakan Penjabaran dari Tujuan secara terukur, yaitu sesuatu yang akan dicapai/dihasilkan secara cepat oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dalam jangka waktu 1 (satu) tahun. Sasaran yang ditentukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman  menggambarkan hal yang akan dicapai dalam satu tahun melalui tindakan-tindakan yang dilakukan untuk dicapai pada 5 (lima) tahun mendatang.

Sasaran tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses perencanaan stratejik. Fokus utama penentuan sasaran adalah tindakan dan alokasi sumber daya organisasi dalam kegiatan atau operasional organisasi.

Sasaran-sasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman di rumuskan untuk tujuan yang telah ditetapkan akan dicerminkan sebagai berikut :

Tabel 1.    Sasaran-Sasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2013

No

Sasaran

Indikator Kinerja Sasaran

1 Meningkat dan berkembangnya usaha kelautan dan perikanan 1. Persentase peningkatan pendapatan rata-rata nelayan dan pembudidaya ikan2. Produksi perikanan tangkap (ton)

3. Produksi perikanan budidaya (ton)

4. Tingkat Pendapatan nelayan/bulan (Rp)

5. Persentase kontribusi usaha perikanan terhadap PDRB

2 Meningkatnya pemahaman masyarakat pesisir terhadap lingkungan laut  1. Jumlah kegiatan sosialisasi mitigasi yang dilaksanakan2. Kegiatan budaya dan wawasan maritim yang dilaksanakan
3 Terpeliharanya kondisi sumberdaya kelautan dan perikanan secara lestari 1. Terwujudnya kawasan konservasi pesisir dan laut daerah2. Terwujudnya kawasan konservasi lubuk larangan

3. Terlaksananya restocking Benih Ikan

4. Ekosistem pesisir yang direhabilitasi

4 Menurunnya tingkat kerusakan dan tingkat pelanggaran pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan 1. Penurunan Persentase tindak pelanggaran
5 Meningkatnya daya saing produk perikanan 1. Tingkat konsumsi makan ikan per tahun2. Unit pengolahan ikan mandiri
6 Terwujudnya wisata pesisir dan laut yang ramah lingkungan 1. Terwujudnya kawasan ekowisata pesisir dan laut 
7 Meningkatnya keterampilan nelayan pengolah dan pembudidaya ikan 1. Persentase kelompok yang dibina
8 Meningkatnya sarana dan prasarana kelautan dan perikanan 1. Pertambahan jumlah sarana dan prasarana perikanan
9 Meningkatnya kinerja aparatur dan sarana prasarana pendukung 1. Terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana aparatur2. Diterapkannya sistem operasional dan prosedur dinas

3. Persentase penataan aset sesuai prosedur

10 Meningkatnya kualitas SDM aparatur 1. Jumlah SDM yang mengikuti diklat struktural2. Jumlah SDM yang mengikuti diklat teknis fungsional

 

Download File

DokumenLakipLaporan KeuanganPustakaStatistikDatabase

dokumen

lakip

    lapkeu

      pustaka

        Statistik

          Database

            Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman © 2014
            Frontier Theme